Monday 6 August 2012

7 Keunggulan dari Internet


Sebagai media penunjang  pembelajaran, keberadaan internet seringkali dibutuhkan oleh para siswa,terutama ketika sedang mencari informasi yang sulit diperoeh melalui buku atau sumber-sumber lainya.penamfaatan internet sebagai media penunjang pembelajaran memberikan sejumlah keunggulan yang tidak diperoleh pada media lainnya. Beberapa diantaranya adalah sebagi berikut :

1.Internet memberikan sambungan ( konektivitas ) danjangkauan yang sangat luas (global). Didunia maya (cyberspace),jaringan yang terjamin merupakan jaringan global sehingga akses data dan informasi tidak dibatasi ,baik oleh waktu,tempat,maupun negara.Internet memungkinkan kita yang memiliki fasilitas terbatas untuk dapat mengakses informasi yang jauh sangat lengkap dari berbagai sumber dibelahan dunia manapun.

2.Akses informasi di internet tidak  terbatas oleh waktu karena dunia maya yang dihadirkan secara global tidak pernah tidur. Artinya, kita dapat melakukan pencarian informasi melalui internet kapan saja selama 24 jam sehari.

3.Akses informasi melalui internet lebih cepat dibanding dengan mencari informasi pada halaman-halama buku di perpustakaan maupun koran. kita tinggal mengklik icon tertentu, maka apa yang kita inginkan akan muncul pada layar monitor kita.

4.Akses internet juga menyediakan kegiatan pembelajaran  interkatif yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga tertentu yang dapat meningkatkan kemampuan bernalar serta pengetahuan kita. kita dapat mendaftarkan diri  sebagai member (anggota) pada lembaga penyedia layanan pembelajaran interkatif itu dengan mengisi lembar formulir yang telah disediakan.

5.Kita dapat berdiskusi tentang berbagai hal dengan teman-teman setingkat dan sebaya kita jika kita memasuki mailing list atau melakukan chatting.

6.Dibanding dengan membeli buku atau majalah asli.penelusuran informasi melalui internet jauh lebih murah. apalagi pada saat ini banyak situs-situs yang menyedikan jasa informasi secara cuma-cuma (gratis). kita tinggal men-download atau mencetak file/naskah yang kita butuhkan.

7. Sebagi sarana untuk mencari uang

No comments:

Post a Comment