Sunday 28 April 2013

BANJIR BANDUNG: Besok, Gubernur Bakal Kunjungi Kahatex



BANDUNG (bisnis-jabar.com)—Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan akan memeriksa kawasan industri tekstil PT Kahatex terkait masalah banjir akut yang menyergap ruas Jalan Cileunyi-Rancaekek-Nagreg.

Ahmad Heryawan mengatakan persoalan banjir Cileuncang di ruas jalan tersebut sudah sering terjadi setiap tahun. Banjir yang menyergap ruas KM22+600, KM23+700, KM24+800 pekan lalu menyebabkan kemacetan parah hingga belasan jam.

“Masalah banjir di sana terkait juga dengan persoalan sosial, kamtibmas. Kami ingin semua pihak bersinergi untuk melakukan penataan,” katanya di Bandung, Rabu (24/4/2013).

Menurutnya ada dua genangan besar yang menyulitkan arus lalu lintas di ruas jalan tersebut. Genangan pertama di KM22+600 depan PT Kahatex yang panjangnya mencapai 600 meter. Genangan banjir terparah ada di kawasan pabrik Kahatex lainnya, PT Vonex dan kawasan Industri atau Djarum Super sepanjang 1800 meter.

Genangan ini menurutnya terjadi akibat meluapnya anak sungai Citarum yakni Sungai Cikijing dan Cimande. Dua sungai ini ketika curah hujantinggi tidak sanggup menampung debit air sehingga mengakibatkan genangan di badan jalan setinggi 70 cm.

“Masalahnya ternyata tidak sederhana,” katanya.

Dari peta udara yang didapat pihaknya terlihat dua sungai yang berdekatan tersebut aliran airnya masuk ke gorong-gorong kawasan pabrik Kahatex lalu mengalir kembali ke sungai Cimande yang bermuara ke wilayah Sapan. Luapan makin parah ketika drainase milik pusat tersumbat karena banyaknya PKL yang berjualan di depan Kahatex.

Heryawan mengatakan pihaknya akan memeriksa langsung ke kawasan PT Kahatex untuk mengecek titik dan penyebab luapan.

Menurutnya pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum pun sampai saat ini belum mengetahui adanya aliran sungai di bawah pabrik PT Kahatex. “Saya akan berkunjung ke Kahatex, mudah-mudahan Kapolda dan Pangdam bisa ikut,” katanya. (ija)

Sumber : http://www.bisnis-jabar.com/index.php/berita/banjir-bandung-besok-gubernur-bakal-kunjungi-kahatex

Link Download Disini

No comments:

Post a Comment