Saturday 17 November 2012

Pidato untuk tugas b.indonesia


Nama : Nur Syahbani
Kelas : X-5
SMAN JATINANGOR

Salamnya orang korea :  -안녕하세요 ( Annyeong haseyo ).
Salamnya orang jepang :  ( Moshimoshi ) もしも
Salamnya orang perancis : Bonjour  (bonjuu)
Salamnya orang yunani : Buongiorno (selamat pagi)
Tapi ,
Salam nya orang islam adalah : Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pertama-tama marilah kita  panjatkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat yang telah di berikan kepada kita sekalian, yang dengan rahmat-Nya pula kita bersama-sama bisa berkumpul di tempat ini . tak lupa Solawat dan Sallam kepada nabi kita nabi muhammad saw. Kepada sahabat nya dan keluarga nya . khusus nya pada pagi ini dalam rangka meperingati dan menyemarakan  “Hari Ibu”.
Hadirin yang saya hormati khusus nya para Ibu
Tanggung jawab seorang Ibu dihadapkan kepada berbagai masalah, berbagai ragam tantangan, berbagai bentuk persoalan, bahkan masalah kaum bapak pun sudah menjadi bagian dari permasalahan para Ibu. Maka dari itu jangan lah kaum bapak menganggap kecil peranan kaum Ibu. Sebab tanpa Ibu, kita ibarat burung takkan pernah terbang sempurna. Peran ibu bagi seorang manusia itu sangat lah penting .
 tertulis dalam surat Al- Luqman ayat 14 yang berbunyi :

“Dan Kami telah perintahkan kepada manusia (berbuat baik ) kepada kedua orang ibu bapaknya ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun, bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang ibu bapakmu, dan kepadakulah kembalimu.”
Ada tiga  kriteria yang menunjukkan bentuk bakti seorang anak kepada kedua orang tuanya:
Pertama,  jangan menyusahkan kedua orang tua dengan ucapan yang menyakitkan.
Kedua, berbicara dengan suara dan kata-kata yang lemah lembut kepada keduanya diiringi dengan sikap sopan santun yang menunjukkan penghormatan kepada keduanya.
Ketiga, berdoa memohon kepada Allah agar Allah menyayangi keduanya sebagai balasan kasih sayang keduanya terhadap kita, “robigh lii wa li-waa lidayya war ham humaa kamaa robbayaanii soghiroo” (ya Allah ampunilah aku dan kedua orangtuaku  dan ampunilah sayangilah keduanya sebagaimana mereka menyayangi aku sewaktu kecil).
Maka dari itu Sayangilah , Hormatilah , Hargailah dan Jaga Ibu kita sampai akhir hidup nya .
            Hadirin sekalian , demikian pidato dari saya , mohon maaf jika ada tutur kata saya yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian.

Wasalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh .

No comments:

Post a Comment